Sabtu, 04 Mei 2013

“Makhluk Hidup dan Lingkungannya”




MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
  1. Hubungan Antar Makhluk Hidup
Hubungan antarmakhluk hidup sangatlah penting. Setiap makhluk hidup bergantung dengan makhluk hidup lain. Semua makhluk hidup saling membutuhkan. Hubungan erat yang khas antara dua jenis makhluk hidup bersama disebut simbiosis.
a)      Simbiosis Mutualisme
Yaittu hubungan yang menguntungkan kedua belah pihak.
Contohnya hubungan kerbau dengan burung jalak memberi keuntungan kedua belah pihak. Burung beruntung karena dapat memakan kutu dan lalat yang ada ditubuh kerbau. Kerbau beruntung karena terbebas dari gangguan kutu dsan lalat.
kerbau-jalak
b)      Simbiosis Komensalisme
Yaitu hubungan yang menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan atau dirugikan. Contohnya ikan hiu dengan ikan remora terjadi dilaut. Makanan hiu adalah hewan laut lain. Nah ikan remora memakan sisa makanan ikan hiu yang jatuh, jadi ikan remora beruntung karena mendapat makanan, dan ikan hiu pun tidak mengalami kerugian.
ucfamjm0
c)      Simbiosis Parasitisme
Yaitu hubungan yang menguntungkan satu pihak saja. Contohnya kutu yang hidup ditubuh hewan lain dan bunga raflesia yang hidup ditumbuhan inangnya, benalu pun termasuk.
rafflesia-arnoldi  Benalu batu atau Pulohi Wasu
2. Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
Ekosistem adalah tempat berlangsungnya hubungan saling keter gantungan antar makhluk hidup.
a)      Ekosistem hutan
Merupakan ekosistem terbesar didarat. Anggota ekosistem hutan sangat beragam dan banyak sekali.  Ada pohon, hewan dan lain sebagainya.
banteng-dan-hewan-lainnya
b)      Ekosistem sawah
Sawah merupakan ekosistem buatan manusia. Anggota ekosistem sawah tidaklah terlalu banyak. Anggota ekosistem yang utama padi setelah itu rumput, belalang, burung, tanah dan air.
antarafoto-1316943911-  mangsa labah-labah
c)      Ekosistem kolam hias
Kolam hias merupakan ekosistem buatan manusia, anggota ekosistem kolam hias adalh ikan hias, ikan mas, air, enceng gondok.
kolam8  desain-kolam-ikan-koi  kolam koi
d)      Ekosistem kebun
Kebun merupakan ekosistem buatan. Anggota ekosistem kebun lebih banyak daripada ekosistem sawah. Anggota ekosistem kebun antara lain, pohon pisang, rambutan, kadal, kupu-kupu, ayam, kucing dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar